Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis Menurut WW. Rostow

Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis Menurut WW. Rostow

Teori Pertumbuhan Ekonomi Historis Menurut WW. Rostow

Pemikiran Pertumbuhan ekonomi secara historis menurut Walt Whiteman Rostow diuraikan menjadi 5 tahap sebagaimana dijelaskan dalam bukunya dengan judul “The Stages of Economic-Growth”, ke-5 tahap pertumbuhan ekonomi menurut rostow secara detail adalah sebagai berikut:

Tahap atau masa Masyarakat tradisional (The traditional society)

Pada tahap ini kehidupan manusia masih sangat tradisional dan adat-istiadat mempunyai peran yang kuat. Masyarakat dalam memproduksi barang dengan menggunakan alat yang sederhana sehingga hasil produksinya masih sangat terbatas.

Tahap atau masa Prasyarat untuk lepas landas (Precondition for take off)

Pada tahap ini masyarakat telah mulai menyadari pentingnya pelaksanaan pembaharuan dalam hidup atau perubahan hidup. Masyarakat pada tahap ini sudah tidak terpaku lagi pada adat-istiadat dan sudah mulai menerima pemikiran-pemikiran yang baru, menerima berbagai macam inovasi serta masyarakat sudah menerima perubahan dalam teknik dalam berproduksi barang. Akibat selanjutnya terjadilah berbagai macam perubahan seperti perubahan struktur sosial, perubahan sistem politik dan perubahan dalam struktur ekonomi. Perubahan dalam struktur ekonomi berubah yang tadinya sektor agraris berubah menjadi sektor industri dan sektor perdagangan. Sehingga, dapat dikatakan proses pertumbuhan ekonomi sudah mulai meningkat dan sudah siap menuju masa atau tahap lepas landas.

Tahap atau masa Lepas landas (Take off)

Pada tahap ini pertumbuhan ekonomi terus meningkat. Dalam permulaan masa atau tahap lepas landas, dapat terjadi revolusi politik, munculnya pasar baru yang sangat luas serta terciptanya penemuan baru dalam jumlah yang sangat banyak. Selanjutnya, pada tahap ini ditandai dengan tumbuhnya investasi yang pesat bahkan mencapai 10% dari Produk Nasional Neto, sektor industri mengalami kemajuan yang tinggi dan terbentuknya suatu kerangka dasar yang kokoh untuk menuju pertumbuhan ekonomi ke tahap perekonomian yang matang.

Tahap atau masa Perekonomian yang matang (Maturity of Economic)

Pada tahap perekonomian yang matang masyarakat sudah dapat menggunakan berbagai teknologi modern secara selektif sehingga pemanfaatan faktor-faktor produksi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Industri dalam tahap ini menjadi sektor yang penting dan tinggi perannya dalam menunjang perekonomian, sedangkan sektor pertanian perannya semakin turun.  Selain itu dalam masa ini sudah bermunculan tenaga-tenaga profesional dalam bidang industri dan negara mempunyai kemampuan yang mantap dalam menyelesaikan kesulitan ekonominya secara mandiri.

Tahap atau masa Konsumsi tinggi (High mass consumption)

Dalam tahap konsumsi tinggi atau High mass consumption masyarakat telah mencapai kemakmuran. Masyarakat dalam masa ini lebih memikirkan cara melakukan konsumsi dalam mencukupi kebutuhannya untuk mengalokasikan pendapatannya yang tinggi jumlahnya, pendapatan per kapita riil yang sangat tinggi dimanfaatkan untuk kepentingan konsumsi berbagai macam barang dan jasa termasuk konsumsi barang mewah. Pada tahap ini negara dan masyarakat hanya berusaha untuk mempertahankan kemakmuran yang telah didapat.


Sumber:

https://www.dosenpendidikan.co.id/