SMAN 4 Bandung Selenggarakan Festival Ghifari

SMAN 4 Bandung Selenggarakan Festival Ghifari

SMAN 4 Bandung Selenggarakan Festival Ghifari

Untuk ke tujuh kalinya, SMAN 4 Bandung menyelenggarakan Festival Ghifari.

Agenda tahunan tersebut berlangsung di lingkungan SMAN 4 Bandung pada 13-14 Februari 2019. Pada tahun ini, festival tersebut menjajakan enam lomba keislaman yang diikuti oleh siswa SMP dan Mts se Kota Bandung, yakni lomba nasyid, dakwah, kaligrafi, cedas cermat islam, musabaqah tilawatil quran (MTQ), dan musabaqah hifdzil quran (MHQ).

Kepala SMAN 4 Bandung, Andang Segara mengatakan, festival tersebut merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan kegiatan positif, khususnya di bidang keagamaan. Pada awalnya, Andang bercerita, kegiatan tersebut dilatar belakangi agar siswanya mampu memakmurkan Masjid sekolah dengan berbagai perlombaan islami, sekaligus menjaring siswa yang memiliki prestasi di berbagai bidang. “Maka dari itu kegiatan tersebut dinamakan Festival Ghifari, sesuai dengan nama masjid SMAN 4 Bandung,” tutur Andang saat ditemui di ruangannya, Rabu, (13/2/2019).

Namun sejak dua tahun ke belakang, Sekolah yang beralamat di Jalan Gardujati

nomor 20, Kebun Jeruk Kecamatan Andir tersebut mulai memperluas kegiatannya dengan mengundang sekolah lain sebagai peserta. “Kita undang SMP dan MTs se Kota Bandung agar bisa bersilaturahmi dengan kegiatan yang positif dengan penuh nuansa agamis,” ucapnya.

Selain itu, bukan tanpa alasan mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan pada pertengahan Februari. Adang menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan guna menghindari siswanya untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti melakukan perayaan hari Valentine. “Bahasa sunda nya, kita itu ngabebenjokeun, menghindarkan anak-anak dari hal yang negatif. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari pembelajaran dan termasuk dalam pendidikan karakter siswa,” tambahnya.

Salah satu peserta lomba, Ahmad Yusup Taptazani mengapreasi kegiatan tersebut

. Siswa yang mengikuti lomba nasyid itu mengatakan perlombaan yang dia ikuti sangat positif dan meningkatkan kemampuannya untuk tampil di depan banyak orang. “Seneng sih, jadi bisa berani tampil di depan banyak orang, meksi deg-degan juga. Acaranya juga islami, jadi sangat positif,” ucap Siswa SMPN 43 Bandung tersebut.***

 

Baca Juga :