Mendaki Gunung Arjuno via Cangar, Ada Lubang Uap Ajaib!

Mendaki Gunung Arjuno via Cangar, Ada Lubang Uap Ajaib!

Mendaki Gunung Arjuno via Cangar, Ada Lubang Uap Ajaib!

Arjuno

adalah gunung di Jawa Timur dengan ketinggian 3.339 mdpl. Gunung ini cukup ajaib, karena punya lubang uap alami. Seperti apa?

Bagi para pendaki, mungkin Gunung Arjuno sudah tidak asing lagi. Untuk dapat mencapai puncak Gunung Arjuno ada beberapa pilihan jalur yang bisa di lewati. Umumnya jalur yang populer di kalangan pendaki adalah jalur pendakian via Tretes atau Purwosari.

Namun ada juga jalur yang tidak begitu ramai dilalui para pendaki Gunung Arjuno, yaitu jalur pendakian via Cangar. Jalur pendakian via Cangar ini sebenarnya memerlukan estimasi waktu pendakian yang lebih singkat jika dibandingkan jalur lain. Hanya saja para mendaki tidak memilih jalur ini karena tidak ada sumber air di sepanjang perjalanan.

Air

merupakan kebutuhan primer saat mendaki gunung, sehingga para pendaki lebih memilih jalur yang cukup panjang namun bisa menemukan sumber air untuk jaga-jaga apabila persediaan air mulai menipis atau bahkan habis.

Tetapi ada sesuatu yang berbeda yang bisa ditemukan di jalur pendakian Gunung Arjuno via Cangar ini. Dalam jalur pendakian sebelum sampai di Lembah Lengkean, pendaki akan menemukan sebuah lubang yang ditutup dengan tumpukan kayu. Tumpukan kayu ini tampak seperti bakar perapian karena seperti ada asap hangat yang muncul dari sana.

Saat dilihat dari dekat, ternyata tumpukan kayu tersebut menutupi sebuah lubang uap. Dari lubang itu muncul uap yang dapat menghangatkan pendaki di antara hawa dingin dari lereng Arjuno. Tentu pendaki tidak perlu repot-repot membuat perapian tapi alam sudah menyediakan penghangat alami yang sangat nyaman.

Selain dapat menghangatkan, lubang uap ini dapat menjadi pengganti sumber air yang tidak ditemukan oleh para pendaki di jalur tersebut. Pendaki bisa menggelar plastik di atas lubang uap tersebut kemudian menalikannya dengan kayu-kayu yang tertancap di sekeliling lubang. setelah dibiarkan beberapa saat maka akan terkumpul uap yang telah menjadi cairan di plastik tersebut.

Meskipun tidak sebanyak yang diperoleh dari sumber air tapi cairan tersebut sangat membantu untuk menambah persediaan minum atau bahkan untuk memasak. Cairan tersebut bisa dikonsumsi dan sangat menyegarkan layaknya air putih biasa.

Jadi begitu banyak bonus yang didapat dari mendaki Gunung Arjuno via Cangar. yang pertama pendaki bisa sampai puncak dengan melalui jalur yang lebih dekat dan estimasi waktu yang lebih singkat, selain itu pendaki dapat menemukan sumber air alternatif sekaligus penghangat alami dari lubang uap di jalur pendakian via Cangar.


Baca Artikel Lainnya: