KESAMAAN DERAJAT.

Table of Contents

KESAMAAN DERAJAT.

KESAMAAN DERAJAT.

KESAMAAN DERAJAT.

Sifat perhubungan antara manusia dan lingkungan masyarakat pada umumnya adalah timbal balik, artinya orang seorang itu sebagai anggota masyarakatnya, mempunyai hak dan kewajiban, baik terhadap masyarakat maupun terhadap pemerintah dan negara.
1. Persamaan Hak.
Adanya kekuasaan negara seolah-olah hak individu lambat laun dirasakan sebagai suatu yang mengganggu, karena di mana kekuasaan negara itu berkembang, terpaksalah ia memasuki lingkungan hak manusia pribadi dan berkuranglah pula luas hak-hak yang dimiliki individu itu.
Mengenai persamaan hak ini selanjutnya dicantumkan dalam Pernyartaan Sedunia Tentang Hak-Hak (Asasi) Manusia atau Universitas Declaration of Human Right (1948).

2. Persamaan Derajat Di Indonesia.

Hukum dibuat dimaksudkan untuk melindungi dan mengatur masyarakat secara umum tanpa adanya perbedaan. Ada empat pasal yang memuat ketentuan-ketentuan tentang hak-hak asasi itu yakni pasal 27, 28, 29 dan 31.3. Elite Dan Massa.

1. Elite 
a. Pengertian.
Elite itu menunjuk sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi.  Dalam arti lebih yang khusus dapat diartikan sekelompok orang terkemuka di bidang-bidangtertentu dan khususnya golongan kecil yang memegang kekuasaan.
b. Fungsi elite dalam memegang stategi.
Elite adalah suatu minoritas pribadi-pribadi yang diangkat untuk melayani suatu kolektivitas dengan cara yang bernilai sosial. Pengembangan elite sebagai suatu kelompok minor yang berpengaruh dan menentukan dalam masyarakat tetap beranjak darifungsi sosialnya disamping adanya pertimbangan-pertimbangan lain sesuai dengan latar belakan sosial budaya masyarakat. Tujuan yang hendak dicapai haruslah terikat dan merupakan tujuan bersama kepandaian dalam menyesuaikan diri terutama bagi elite baru dapat membantunya secara efektif dalam mengarahkan masyarakat untuk mencapai tujuannya.

2. Massa 
a. Istilah massa dipergunakan untuk menunjukan suatu pengelompokan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental beberapa dengannya dalam hal-hal yang lain..
b. Hal-hal yang penting dalam massa.

Terhadap beberapa hal yang penting sebagian ciri-ciri yang membedakan di dalam massa.
1. Keanggotaannya berasal dari semua lapisan masyarakat atau strata sosial.
2. Massa merupakan kelompok yang anonim.
3. Sedikit sekali interaksi atau bertukar pengalaman antara anggota-anggotanya.
4. Very loosely organized, serta tidak bisa bertindak secara bulat atau sebagai suatu kesatuan seperti halnya/crowd.

c. Peranan individu-individu di dalam massa penting sekali kenyataan bahwa massa adalah terdiri dari individu-individu yang menyebar secara luas di berbagai kelompok-kelompok dan kebudayaan-kebudayaan setempat.
d. Masyarakat dan massa.
Dari karakteristik yang singkat ini bisa dilihat massa merupakan gambaran kosong dari suatu masyarakat atau persekutuan.
e. Hakikat dan perilaku massa.
Secara paradoksial, bentuk perilaku massa terletak pada garis aktivitas individual dan bukan pada tindakan bersama.
f. Peranan elite terhadap massa.
1. Elite penentu dapat dilihat sebagai suatu lembaga kolektif yang merupakan pencerminan kehendak-kehendak masyarakatnya.
2. Sebagai lembaga politik.
3. Elite penentu memiliki peranan moral dan dolidaritas kemanusiaan baik dalam pengertian nasionalisme maupun pengertian universal.
4. Elite penentu lainnya berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pemuasan hedonic atau pemuasan intrinsik lainnya bagi manusia khususnya terhadap reaksi-reaksi emosional