Aplikasi Penghubung HP ke Smart TV Berkapasitas Kecil

Aplikasi Penghubung HP ke Smart TV Berkapasitas Kecil

 

Aplikasi Penghubung HP ke Smart TV Berkapasitas Kecil

Aplikasi Penghubung HP ke Smart TV Berkapasitas Kecil

Layar ponsel yang terbilang kecil dibandingkan dengan perangkat elektronik lain seperti TV seringkali membuat sejumlah penggunanya merasa tidak puas ketika sedang menonton video, seri web atau bermain game.

Kedua perangkat tersebut memang memiliki fungsi yang cukup berbeda. Kendati demikian, perkembangan teknologi yang semakin canggih memungkinkan penggabungan antar keduanya bukan lagi hal yang mustahil.

Pasalnya, saat ini seseorang sudah bisa melakukan segala kegiatannya di ponsel yang dapat ditampilkan pada layar

TV dengan bantuan kabel penghubung atau koneksi nirkabel.

Penggunaan koneksi nirkabel tentunya membutuhkan alat pendukung lain, termasuk televisi jenis Smart TV, yang memiliki konektivitas seperti Wi-Fi untuk dapat dihubungkan dengan ponsel.

Adapula aplikasi tambahan yang harus dipasangkan pada perangkat ponsel Anda agar bisa mendapatkan tampilan ponsel yang lebih luas dengan menggunakan layar TV.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat menunjang penerapan tampilan ponsel pada layar TV sebagaimana telah dirangkum dari berbagai sumber.

Miracast Wifi Display

Miracast adalah salah satu aplikasi yang dapat membantu Anda untuk menghubungkan tampilan pada ponsel ke layar TV yang telah mendukung konektivitas nirkabel.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah. Pertama, pastikan layar TV sudah mendukung atau memiliki fitur Wi-Fi agar bisa terdeteksi dalam aplikasi tersebut.

Setelah itu, hubungkan kedua perangkat seperti menghubungkan koneksi nirkabel pada umumnya. Kemudian klik tombol hubungkan (connect) pada aplikasi, lalu pilih TV yang sudah terhubung.

Screen Mirroring

Screen Mirroring, seperti namanya, aplikasi ini bisa merefleksikan tampilan yang ada pada ponsel ke dalam layar TV dengan menggunakan koneksi nirkabel.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan segala kegiatannya di ponsel dengan layar yang lebih besar, termasuk memutar video, musik, atau bermain game.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui PlayStore dengan ketentuan perangkat ponsel berjalan dalam sistem operasi Android 4.2 dan lebih tinggi.

Castto

Pada dasarnya, Castto menerapkan teknik yang sama dengan beberapa aplikasi serupa yakni merefleksikan tampilan ponsel ke dalam layar TV yang telah mendukung koneksi nirkabel.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk memutar video, bermain game, dan mengakses sejumlah aplikasi lain untuk ditampilkan dalam TV yang memiliki layar lebih besar.

Baca Juga: