Ajak Siswa Cintai Sastra, Unpas Gelar Lomba Baca Puisi

Ajak Siswa Cintai Sastra, Unpas Gelar Lomba Baca Puisi

Ajak Siswa Cintai Sastra, Unpas Gelar Lomba Baca Puisi

Sebanyak 50 siswa sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK)

, dan madrasah aliyah (MA) se-Jawa Barat mengikuti Lomba Baca Puisi yang digelar di Auditorium Universitas Pasundan (Unpas), Jalan Tamansari No. 6-8, Kota Bandung, Selasa (9/4/2019). Kegiatan yang diinisiasi Himpunan Mahasiswa (Hima) Bahasa dan Sastra Indonesia Unpas tersebut merupakan rangkaian acara Festival Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam penyelenggarannya, para siswa diharuskan membaca puisi penyair legendaris Indonesia, Chairil Anwar.

Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Unpas, Titin Nurhayati

menjelaskan, kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan pengetahuan siswa mengenai sastra dan menggali potensi yang dimiliki. “Dengan membaca puisi, siswa mampu mengamati dan menjiwai puisi tersebut. Mereka pun pasti telah mempelajarinya,” paparnya.

Selain itu, Titin meyakini, melalui sastra, siswa mampu mengasah karakter yang dimiliki, sekaligus memberi ruang bagi mereka untuk berekspresi, sekaligus mengapresiasi sastra. Terutama di bidang puisi. Lomba menulis mungkin banyak, namun membaca puisi saya kira masih sedikit,” tuturnya.

Bukan tanpa alasan panitia memilih penyair yang dijuluki “Si Binatang Jalang”

tersebut untuk dilombakan. Selain memperingati bulan wafatnya sang penyair (28 April 1949), masih menurut Jaya, dipilihnya Chairil Anwar karena karyanya banyak dijadikan referensi dalam buku pelajaran siswa. “Banyak juga puisinya yang dijadikan bahan ajar di sekolah,” ucapnya.

Dalam pelaksanaannya, seluruh siswa diharuskan membaca salah satu dari tiga puisi karya Chairil Anwar. Yakni, Karawang-Bekasi, Siap Sedia, dan Aku Berkisar di Antara Mereka. Setelah melewati babak penyisihan, 10 peserta terbaik akan membacakan Puisi ‘Ulang Tahun’ di babak final.

Salah seorang peserta, Dinandi Zahra sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Selain menambah pengalaman, Dinandi pun berharap kegiatan ini dapat mengajak seluruh siswa agar mencintai sastra sejak dini. “Sekarang, jarang keliatan siswa yang suka sastra. Semoga ini bisa jadi salah satu caranya,” ucap siswi SMKN 1 Cimahi tersebut.***

 

Sumber :

https://daftarpaket.co.id/